Popular Posts

Sunday 25 March 2012

Setiap Penyakit Pasti ada Obatnya.. Yakin!

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari di dalam shahihnya, dari shahabat Abu Hurairah  bahwasanya Nabi bersabda,
"“Tidaklah Allah turunkan penyakit kecuali Allah turunkan pula obatnya”"

Dari riwayat Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah  dia berkata bahwa Nabi  bersabda,

"Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala"

Diriwayatkan pula dari musnad Imam Ahmad dari shahabat Usamah bin Suraik , bahwasanya Nabi  bersabda,

“Aku pernah berada di samping Rasulullah b. Lalu datanglah serombongan Arab dusun. Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bolehkah kami berobat?” Beliau menjawab: “Iya, wahai para hamba Allah, berobatlah. Sebab Allah I tidaklah meletakkan sebuah penyakit melainkan meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit.” Mereka bertanya: “Penyakit apa itu?” Beliau menjawab: “Penyakit tua.” (HR. Ahmad, Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi, beliau berkata bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikhuna Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i menshahihkan hadits ini dalam kitabnya Al-Jami’ Ash-Shahih mimma Laisa fish Shahihain, 4/486)

Dari rentetan Hadist Nabi diatas bisa kita simpulkan bahwa  setiap penyakit yang mendera tubuh manusia pasti ada obatnya, sesuai dengan hukum berpasang-pasangan, ada mati - hidup, terang - gelap, Hidup -mati, sehat - sakit, tidaklah adil kalo Sang pencipta menurunkan suatu penyakit tapi tanpa disertai dengan penawarnya.

Manusia adalah tempatnya berkeluh kesah, sakit ringan langsung berkeluh kesah apalagi kalo Allah turunkan penyakit yang berat, waah sumpah serapah yang keluar.. Apa sich yang menyebabkan seseorang tidak sembuh-sembuh sakitnya padahal sudah berobat macem2 mulai dari ke orang pintar(Dukun), Sinse, pengobatan tradisional sampe berobat ke RS yang paling mahal sekalipun, sementara disisi lain kita sering mendengar bahwa penyakit Kanker atau sejenisnya yang tergolong berat bisa sembuh, Faktor apa yang menentukan sembuhnya penyakit seseorang..??

Jawabannya cuma satu.. Izin Allah SWT..!, walaupun kita berobat sampe jungkir balik, duit sampe abis ratusan juta kalo Allah SWT tidak mengizinkan, ya tidak akan sembuh, bagaimana biar kita dapat Izin sembuh dari Allah..??
  1. Karena kita mau mendapatkan izin Allah, maka dekatilah, rayulah Allah dengan segala daya upaya kita, jangan sumpah serapah dan mencaci maki sakit apalagi mencaci Sang pencipta makin jauh lah dari harapan sembuh, Bagaimana cara merayu Allah? Ya taati perintah2nya dan jauhi larangan2nya, Mudah kan.. :)
  2. Ikhlas, Belajar ikhlas menerima sakit, berkeyakinan bahwa SAKIT adalah penghapus dosa2 kita, dan Yakin bahwa Allah akan menyembuhkan kita, perhatikan hadist berikut,
    Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”.
    (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571)
  3. Berikhtiar dan Tawakal, ini penting jangan sampai kita berangapan bahwa cukup dengan Doa saja maka sakit kita akan sembuh, ikuti proses/Sunatullah, dalam Hadist diatas disebutkna bahwa setiap penyakit ada obatnya, berarti kita harus mencari obatnya itu lalu dilanjutkan dengan bertawakal dan berserah diri kepada Allah.
  4. Shadaqah.. Sedekah bisa menjadi obat bagi penyakit Anda! Rasulullah n bersabda, “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi), Nah ini cara lain menyembuhkan sakit, kadang kita bertanya? kok dengan bersedaqah kita bisa sembuh dari sakit? ya itu mah Otak kita saja yang mampu menjangkau itu, Hanya Allah yang Maha tahu..



1 comments:

tesle said...

joya shoes 098c4bskcm459 afslappet,STØVLER,STÖVLAR,csizma,botas,gewoontjes,camminando,mode baskets,gehen,stiefel joya shoes 832b0xtyjs990

Post a Comment

MY PROFIL

My photo
Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

CUACA TERKINI

Followers